Wah! Ini 5 Kuliner Cirebon Yang Wajib Traveller Coba!

BHINNEKASHUTTLE.COM – Liburan memiliki banyak cara, salah satunya adalah wisata kuliner. Bagi kamu yang sedang berlibur di Kota Cirebon,tenyata kota udang ini tidak hanya memiliki empal gentong saja loh! Berikut ini adalah 5 kuliner yang wajib kamu coba ketika berlibur di Kota Cirebon.

1.Nasi Jamblang

Ini dia signature food-nya Cirebon, apa lagi kalau bukan nasi jamblang yang terkenal karena nasinya dibungkus daun jati. Makan sedikit di hadapan penjual nasi jamblang rasanya nggak pas!

Kalian bisa pilih berbagai menu lauk pauk dan sayuran yang super enak. Diantaranya  tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi. Harganya pun tidak mahal, mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 17.500

Lalu, dimana bisa makan nasi jamblang? Coba kunjungi Warung Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang berada dekat pintu masuk Pelabuhan Cirebon.

2.Mi Koclok

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Mi Koclok. Isinya terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang. Mie koclok ini paling enak di santap waktu masih panas.

Mencari kuliner mi koclok, umumnya bisa dijumpai di kedai mi koclok, terutama di kedai-kedai pinggir jalan, yang biasanya baru dibuka sejak pukul 18.00 hingga tengah malam.

Misalnya untuk mencicipi mi koclok, arahkan perjalanan ke Jalan Lawang Gada. Di sana ada kedai mi koclok yang terkenal yaitu milik Mi Koclok Mas Edy.

Alternatif lain bisa ke Mi Koclok Panjunan di Jalan Panjunan, dan kedai di Jl Tentara Pelajar, Cirebon.

3.Docang

Kuliner satu ini bisa dibilang masih kalah terkenal dengan empal gentong dan nasi jamblangnya cirebon. Tapi menu makanan ini merupakan salah satu kuliner yang sudah ada sejak jaman dulu.

Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang sudah dikenal sejak jaman wali.
Campuran makanan kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda.
Beberapa referensi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menyantap docang adalah sekitar Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi. Datanglah pada pagi hari atau Anda akan kehabisan.

4.Nasi Lengko

Yang suka makanan berat rasanya harus coba menu satu ini. Penyajiannya mirip sekali dengan nasi pecel. Hanya saja sayuran yang di jadikan toping di atas nasinya berbeda, yakni menggunakan  irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai.

Nasi lengko bisa ditemui di sudut-sudut kota Cirebon. Salah satu yang tersohor di Cirebon adalah Warung Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

5.Sate Kalong

Sate Kalong ini bukan menggunakan daging kelelawar. Kalong sendiri diidentikkan dengan hewan yang berkeliaran pada saat malam hari. Jadi yang di maksud sate kalong ini adalah sate daging sapi yang keluar hanya pada saat malam hari saja.

Nah traveller, bagi kalian yang mau berlibur ke Cirebon tak usah ambil pusing, kamu bisa menggunakan jalur darat,misalnya menggunakan shuttle jurusan Jakarta – Cirebon. Jangan kawatir,saat ini shuttle yang menyediakan jurusan cirebon rata rata sudah bisa booking menggunakan sistem online kok.

Semoga Berguna.