Wah, di Museum Tekstil Kamu Bisa Belajar Membatik Lho!

BHINNEKASHUTTLE.COM – Sejak di tetapkan UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai warisan budaya dunia, nama Batik semakin melesat baik di kancah nasional maupun internasional. Hal tersebut diiringi dengan adanya festival batik dan sejumlah desainer baju lokal maupun internasional yang menggunakan kain Batik sebagai kreasi karyanya. Sebagai warga negara yang baik, masyarakat tentunya harus turut andil dalam menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan budaya dunia.

Untuk Kamu yang ingin belajar membatik, Pendopo Batik di Museum Tekstil Jakarta yang terletak di Jalan Aipda KS Tubun No.2-4 merupakan salah satu tempat terbaik di Jakarta untuk belajar membatik. Pendopo Batik tepatnya berada di belakang Galeri Batik. Bangunannya terbuat dari kayu, seakan membuat suasana membatik berada di daerah yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Bahkan tak jarang yang datang untuk belajar membatik adalah sejumlah turis mancanegara dari Prancis dan Inggris.

Hanya dengan Rp 40.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 75.000 untuk wisatawan asing, pengunjung dapat mengikuti berbagai proses membatik. Semua fasilitas membatik disediakan di Pendopo Batik, mulai dari kain, canting, hingga bahan pewarnaan yang digunakan untuk membatik.

Hasil karya membatik yang telah dibuat oleh pengunjung, tentunya dapat dibawah pulang sebagai kenang-kenangan. Belajar membatik di Pendopo Batik Museum Tekstil Jakarta bisa Kamu ikuti setiap Selasa-Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Selain Pendopo Batik, di komplek Museum Tekstil juga terdapat Galeri Batik. Di Galeri ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis koleksi batik. Mulai dari batik kuno hingga batik kontemporer dari masa ke masa.

Ada juga Taman Pewarna Alam seluas 2.000 meter persegi yang ditumbuhi berbagai tanaman penghasil warna untuk keperluan membatik. Seperti, African Tulip Tree, Caesarweed, daun suji, dan lainnya.

Bagi yang Kamu yang ingin menambah pengetahuan seputar batik dan tekstil, di Museum Tekstil juga terdapat perpustakaan. Koleksi buku di perpustakaan ini tentunya mampu menjawab rasa keingintahuan Kamu mengenai batik dan tekstil tradisional yang ada di seluruh Indonesia.

Bagi Kamu yang berasal dari luar kota yang menggunakan kereta api, cukup turun di stasiun Tanah Abang. Dari Stasiun Tanah Abang sudah cukup dekat, bisa dengan berjalan kaki atau memanfaatkan transportasi ojek berbasis aplikasi yang bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta.Atau untuk Kamu yang berada di Cirebon dan Bandung, Kamu bisa menggunakan service Shuttle Jurusan Bandung – Jakarta maupun Shuttle Jurusan Cirebon – Jakarta.

Nah, untuk yang menggunakan kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir, area parkir Museum Tekstil Jakarta cukup luas untuk menampung berbagai jenis kendaraan pribadi, hingga rombongan yang menggunakan bus.

Yuk’, bantu lestarikan budaya Indonesia!

Article by Transmania.id