Pesona Keindahan Obyek Wisata Curug Cigentis, Kerawang Jawa Barat

BHINNEKASHUTTLE.COM – Kabupaten Karawang memang memiliki banyak sekali curug atau air terjun yang terbilang cukup indah. Salah satunya adalah Curug Cigentis yang akan kita ulas kali ini. Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Obyek wisata ini selalu ramai pengunjung, baik di akhir pekan maupun pada hari hari biasa.

Terletak di ketinggian 1000 mdpl dengan tinggi curug mencapai 25 meter membuat debit air yang turun juga cukup deras. Curug Cigentis ini adalah salah satu dari ke-7 tingkatan curug yang ada di Gunung Loji, dibawah kaki Gunung Sanggabuana yang termasuk wilayah pengelolaan hutan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.  Adapun ke tujuh curug tersebut konon memiliki nilai sejarah berkumpulnya para wali pada jaman dahulu kala, namun yang boleh di kunjungi hanyalah satu curug, yaitu Curug Cigentis.
 Ke enam curug lainnya tidak diperkenankan di singgahi karena beberapa alasan kuat diantaranya faktor alam yang masih terlalu rimba dan hanya orang-orang tertentu / orang yg berhati bersih dengan niat ibadah dan kuat bertahan dalam alam yang bisa mencapai curug yang paling atas.

Berjarak 44 km dari pusat kota Karawang dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua dengan kondisi jalan beraspal.

Fasilitas

Obyek Wisata Curug Cigentis di Mekarbuana Kerawang Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata alam  yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan
– Mushola
– Kamar mandi / MCK
– Penginapan

Transportasi

Untuk kamu yang ingin mengunjungi obyek wisata Curug Cigentis, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Untuk lebih mempermudah mencapai obyek wisata ini, Kamu bisa menggunakan Google Maps atau aplikasi GPS lainnya yang bisa memandu perjalanan kamu.

Tertarik untuk mengunjungi Curug Cigentis? Kamu bisa menuju kota Karawang menggunakan Shuttle Jurusan Bandung – Karawang, maupun menggunakan bus antar kota. Selanjutnya kamu bisa menggunakan angkutan kecil dan menyambung perjalanan menggunakan ojek.

Article by Transmania.id