Mesin Waktu Itu Bernama Braga, Bandung

BHINNEKASHUTTLE.COM – Jika Kamu penggemar wisata sejarah, Kamu harus mendatangi satu lokasi di kota Bandung yang terkenal dengan suasana perkotaan era kolonialismenya. Adalah Kawasan Braga yang dulu merupakan pusat bisnis pada masa penjajahan Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.

Lingkungan

Ciri arsitektur jaman kolonialisme adalah Art Deco, desain Art Deco ini lah yang sampai saat ini masih dipertahankan sampai saat ini. Tata letak yang berjajar horizontal pun seperti mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920 – 1940-an). Kawasan braga pada zamannya merupakan kawsan yang cukup elit, sehingga tidak sembarangan toko bisa buka di tempat ini. Salah satu butik yang ternama adalah Au Bon Marche yang menjual baju baju dari Paris, sehingga pada waktu dulu Bandung disebut dengan Paris van Java sebagai pusat mode Indonesia.

Berkunjung ke kasawan Braga pada malam hari seperti masuk kedalam lorong waktu yang akan membawa Kamu ke jaman kolonialisme. Di antara pertokoan tersebut yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama adalah pertokoan Sarinah, Apotek Kimia Farma dan Gedung Merdeka (Gedung Asia Afrika yang dulunya adalah gedung Societeit Concordia). Model tata letak jalan dan gedung gedung pertokoan dan perkantoran yang berada di Jalan Braga juga terlihat pada model jalan-jalan lain di sekitar Jalan Braga seperti Jalan Suniaraja (dulu dikenal sebagai Jalan Parapatan Pompa) dan Jalan Pos Besar (Postweg)(‘sekarang Jalan Asia-Afrika’) yang dibangun oleh Gubernur Jendral Herman Willem Daendels pada tahun 1811, di depan Gedung Merdeka.

Festival Braga

Festival Braga ini di adakan setiap setahun sekali dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Bandung. Berbagai pertunjukan seni Kota Bandung yang dapat Kamu nikmati, juga festival Jazz yang akan menghibur lengkap dengan stand stand makanan dan pertunjukan seni dari Sister City yanng unjuk kebolehan dalam tarian tradisional.

Nah, gimana? Tertarik untuk mengeksplor Kawasan Kota Tua Braga? ‘Yuk berkunjung ke Bandung. Saat ini sudah banyak sekali moda transportasi yang bisa Kamu pergunakan untuk mencapai kota Bandung, salah satunya adalah Travel Jurusan Jakarta Bandung. Tunggu apa lagi?

Article by Transmania.id