Pesona Kecantikan Pulau Cinta di Danau Cipule

Sumber Gambar : Yukpiknik.com

BHINNEKASHUTTLE.COM – Danau Cipule terletak 30 Km dari pusat pemerintahan Kota Karawang. Danau ini merupakan salah satu bekas venue dalam penyelenggaraan acara Sea Games 2011 cabang olah raga dayung. Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik obyek wisata ini adalah keberadaan pulau kecil di tengan tengah danau, dan guung yang menjadi back ground danau.

Jika Kamu berkunjung ke Danau Cipule, sempatkanlah untuk mampir ke bendungan Walahar. Bendungan ini merupakan peninggalan kolonial Belanda. Dahulu bendungan Walahar ini dinamakan Parisdo. Letaknya berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Sementara jarak antara bendungan Walahar dengan Danau Cipule sendiri berkisar 3Km.

Keindahan Danau Cipule yang Menawan dan Mengagumkan

Danau terbaik di Karawang ini terasa sejuk, dengan latar belakang gunung yang indah dan menawan. Terlebih jika kita berkunjung dengan kondisi cuaca yang mendukung, langit biru yang berhiaskan awan putih yang berarakan indah.

Pemandangan alam dari Danau Cipule akan terlihat lebih elok dan indah. Ditambah lagi dengan hembusan angin yang menenangkan.

Pesona Kecantikan Pulau Cinta di Danau Cipule

Selain memiliki danau yang indah, Cipule juga memiliki pulau yang berada ditengahnya. Pulau tersebur bernama pulau Cinta yang memiliki luas sekitar 2. 000 meter persegi. Salah satu yang menajadi nilai tambah saat berkunjung ke danau ini adalah berkunjung ke Pulau Cinta. Bahkan ada banyak selogan yang berbunyi “Belum berwisata di Danau Cipule jika belum bertandang ke ke Pulau Cinta” . Untuk sampai ke pulau cantik ini, kita hanya perlu menyewa perahu kecil disekitar danau yang dimiliki oleh nelayan. Penyewaan perahu hanya mematok harga sekitar Rp 2.000 per orang saja, murah bukan.

Keunikan Wisata di Pulau Cinta

Salah satu yang menarik dari perjalanan menuju Pulau Cinta adalah ketika kita melihat perahu didayung, melainkan cuma untuk alat penyeberangan saja. Juru sopir nelayannya cukup menarik kabel baja yang terbentang antara tepi danau dan tepi pulau Cinta. Ya hamper mirip dengan berbagai penyeberangan di sungai atau yang disebut dengan Perahu Eretan.

Pulau Cinta memiliki keunikan tersendiri yang akan membuat kita merasa nyaman berlama-lama. Salah satunya, memiliki pohon yang tak terlalu tinggi yang terasa siap dengan anggun dan kokoh untuk memagari Pulau Cinta. Sinar matahari yang menerobos di antara hijaunya dedaunan menambah kecantikan Pulau Cinta ini.

Jika dilihat dari bentuk obyek wisatanya, sebenarnya obyek wisata ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih besar. Namun sayangnya pemerintah Kabupaten Karawang belum terlalu tertarik untuk melirik pengembangan wisata di Danau Cipule ini. Tapi bagi Kamu yang sedang mencari obyek wisata anti mainstream, Kamu patut masukan tempat ini kedalam daftar destinasi wisata Kamu.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Kamu bisa menggunakan shuttle untuk mencapai Kabupaten Karawang. Saat ini pun sudah banyak shuttle yang melayani Jurusan Bandung – Kawarang  maupun kendaraan umum seperti bis yang bisa mengantarkan kamu sampai ke kota industri ini.

Yuk, berwisata ke Danau Cipule!