Camping di Bukit Moko Bandung? Why Not!

BHINNEKASHUTTLE.COM – Berwisata dan menyatu dengan alam kini telah menjadi trend tersendiri bagi anak muda. Bagi Kamu yang ingin melampiaskan hasrat bersatu dengan alam tak perlu jauh jauh untuk sekedar berfoto dengan rimbunnya pohon pinus karena di Bukit Moko Kamu bisa mendapatkan semuanya. Disini Kamu juga bisa camping dan menikmati kesunyian malam di tengah Hutan Pinus.

Bukit Moko adalah sebuah kawasan yang berada di puncak bukit di daerah Cimenyan, Bandung. Terletak di atas ketinggian hampir 1.500 mdpl dengan vegetasi pepohonan pinus yang rimbun dan hijau. Tak jarang ketika pagi hari kawasan wisata ini selalu nampak diselimuti kabut tebal, terutama pada waktu pagi hari atau menjelang sore dan di malam hari.

Bukit moko yang awalnya merupakan sebuah kawasan hutan pinus sadapan secara resmi dibuka sebagai kawasan wisata Puncak Bukit Bintang untuk umum tepatnya pada tanggal 23 september 2014 yang lalu, dan berada di bawah kendali perum perhutani divisi regional provinsi Jawa Barat dan juga Banten. Bagi Kamu yang sering berkunjung ke sini, tempat ini seperti menjadi rumah kedua, karena di tempat ini terdapat sebuah warung daweung ( Nongkrong ) atau Moko yang sering mereka singgahi.

Hiking di Bukit Moko

Bukit moko adalah sebuah kawasan wisata hutan pinus yang sangat lebat, alami dan indah di Bandung.  di sini Kamu juga bisa menikmati wisata alam khas dataran tinggi bandung Bukit Moko dengan cara jalan-jalan atau trekking/ hiking.

Berjalan menyusuri jalanan yang telah disediakan pengelola untuk keperluan trekking wisatawan, dimana di sepanjang jalan yang kita lewati Kamu bisa menikmati keindaham serta suasana alam yang istimewa, dimana berdiri ratusan bahkan ribuan pohon pinus yang tinggi dan sangat indah dengan warna-warni dedauanannya. Dengan suhu kawasan hutan yang sejuk, Kamu bisa menikmati area hutan pinus yang bersih dengan santai.

Fasilitas Bukit Moko

Sebagai kawasan tempat wisata umum yang ada di dataran tinggi pegunungan bandung, maka untuk lebih memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjungnya, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas wisata yang cukup memadai dan representatif. Dan berikut adalah daftar fasilitas wisata yang bisa Kamu temukan ketika berkunjung ke Bukit Moko:

  • Tempat beribadah/Mushola, bagi Kamu yang beraga muslim, jangan khawatir, di kawasan wisata bukit moko tersedia mushola yang bisa Kamu gunakan untuk menjalankan sholat 5 waktu,
  • Toilet, untuk keperluan mandi cuci kakus (MCK) tersedia juga di sini, tempatnya cukup bersih,
  • Tempat Istirahat, sehabis melakukan perjalanan panjang dan melelahkan menuju lokasi ini, Kamu bisa selonjoran kaki sambil menikmati minuman atau cemilan menemani waktu istirahat,
  • Track Hiking, bagi Kamu yang suka jalan-jalan, jalur jalan ini bisa Kamu manfaatkan untuk menikmati keindahan alam hutan pinus bukit moko dan sekitarnya,
  • Camping Ground, ini adalah fasilitas yang wajib Kamu coba. Disini Kamu juga bisa membuka Api Unggun selama camping di areal ini.
  • Warung Daweung, selain moko/warung daweung, di sini tersedia sejumlah warung lesehan untuk keperluan makan dan minum. Pilihan menu banyak dengan harga yang terjangkau mulai Rp.3.000
  • Area Parkir.

Harga Tiket

  • Bagi Kamu yang mau masuk ke kawasan wisata Puncak Bukit Bintang, Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp.8.000/orang. Dan bagi yang mau masuk ke lokasi warung daweung/moko harus bayar tiket masuk Rp.10.000.

Itu lah sedikit ulasan mengenai Bukit Moko, Bandung. Untuk Kamu yang ingin menghabiskan liburan Weekend Kamu, obyek wisata ini bisa Kamu masukkan dalam wishlist mu. Tak perlu kawatir untuk mencapai Kota Bandung karena saat ini sudah ada banyak sekali service Shuttle Jurusan Jakarta – Bandung. Yuk, tunggu apa lagi?

Article by Transmania.id