Berkunjung ke Karawang? Yuk Coba 7 Kuliner Ini!

BHINNEKASHUTTLE.COM – Kota Kebudayaan itu kini berubah menjadi Kota Industri. Adalah Kota Karawang yang memiliki banyak sekali potensi wisata dan kebudayaan yang menyertainya menjadi salah satu Kota yang wajib untuk Kamu kunjungi. Tak hanya soal kebudayaan, Kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang hanya ada di Karawang. Yuk langsung saja, berikut ini adalah kuliner Karawang yang wajib kamu coba :

1. SORABI HIJAU

Makanan ini merupakan makanan yang dibuat dari daun suji dan juga daun pandan. Itu sebabnya disebut sorabi. Makanan tersebut berwarna hijau dan disebut juga dengan sorabi hijau. Tidaklah susah untuk mencari sorabi hijau ini. Kamu dapat menemukannya di daerah yang tidak jauh dari terminal Tanjung Pura. Untuk harga yang ditawarkan dari satu buah sorabi hijau pun masih cukup terjangkau.

 

2. IKAN GABUS BUMBU PUCUNG

Kalau kamu salah satu penggemar ikan terutama ikan gabus, tak ada salahnya untuk mencicipi ikan gabus bumbu pucung ini. Untuk olahan ikan gabus bumbu pucung sebenarnya juga ada banyak di Jakarta karena ikan gabus bumbu pucung ini merupakan salah satu kuliner khas betawi. Hanya saja karena Jakarta dikelilingi oleh daerah penyangga seperti halnya Kota Karawang, ikan gabus bumbu pucung ini juga di klaim sebagai salah satu makanan khas Kota Karawang. Menu enak ini dapat kamu jumpai di desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta. Disana ada sebuah warung sederhana yang menyediakan menu utama ikan gabus bumbu pucung.

3. KUE GONJING

Kue gonjing adalah cemilan Karawang yang terbuat dari bahan tradisional. Jika di Jakarta disebut sebagai kue pancong, maka di Karawang disebut sebagai kue gonjing. Nah kalau kamu tertarik untuk membelinya maka kamu tak perlu bingung untuk mencarinya. Sebab kue gonjing ini biasanya dijual oleh pedagang keliling.

4. SOTO TANGKAR MANG NEAN

Hampir semua orang tentunya pernah mencicipi makanan berkuah ini. Oleh karena itu soto dapat dengan mudah ditemui. Begitu juga dengan daerah Karawang. Di jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping hotel Dewi, kamu bisa menemukan tempat makan yang menyediakan soto tangkar. Namanya soto tangkar Mang Nean. Disini harga yang ditawarkan cukup sesuai degan rasa yang diberikan.

5. TAHU BUMBU SARI RASA

Berada di Karawang kamu akan menjumpai berbagai macam makanan maupun cemilan enak. Sebut saja tahu bumbu sari rasa. Makanan ini dapat kamu jumpai di jalan Dewi Sartika.

6. GABUS PUCUNG WARUNG MANDIRI

Gabus pucung yang berada di warung mandiri jalan pangkal perjuangan No.48, Tanjung Pura ini adalah salah satu menu makanan enak dan juga khasnya orang Karawang.  Jadi untuk kamu yang penasaran dan juga tertarik untuk mencobanya, kamu dapat datang dan juga mencicipinya di warung tersebut.

7. SOTO GEMPOL KARAWANG

Selain soto tangkar Mang Nean, ternyata ada lagi soto yang cukup terkenal di Karawang. Namanya adalah soto gempol. Soto ini juga terkenal karena sudah ada sejak dulu. Tepatnya pada tahun 1980an. Namun walaupun Pak H. Abdul Yukur dan juga Ibu Hj. Fatimah menyediakan berbagai soto pada warung makannya, tetaplah menu andalannya adalah soto gempol.  Nah buat kamu yang teratarik dan juga penasaran ingin mencicipinya maka kamu bisa datang ke jalan Rangga Gede No. 33 Karawang.

Nah, gimana? itu dia 7 kuliner di Karawang yang wajib kamu coba. Untuk sekedar berkunjung ke Kota karawang, Kamu tidak perlu kawatir, karena sekarang sudah ada Shuttle Jurusan Bandung – Karawang yang akan mengantarkan kamu sampai di tengah Kota Karawang.

Yuk wisata kuliner!

Article by Transmania.id