9 Hal Unik Tentang Kota Bandung yang Wajib Kamu Ketahui

BHINNEKASHUTTLE.COM – Bicara soal Kota Bandung, salah satu kota terbesar di Indonesia dengan tingkat populasinya yang tinggi nyatanya tak hanya menyimpan pesona wisata alam dan kuliner yang selama ini Kita dengar. Kota yang pernah dinobatkan menjadi salah satu kota wisata terfavorit se-Asia setelah Bangkok, Seoul, dan Mumbai ini menyimpan banyak hal unik yang belum pernah Kamu dengar sebelumnya. Apa saja hal unik di Kota Bandung? Yuk langsung saja disimak .

1.Sudah pernah dengar Bus Bandros? Bus double decker ini konsepnya sama seperti Bus City Tour yang dimiliki Jakarta, hanya saja desainnya yang vintage dan unik kerap kali menjadi lokasi foto yang cukup banyak diminati. Jika kita melihat Bus Bandros sepintas akan mengingatkan kita pada City Tour Bus Double Decker yang dimiliki kota London. Bus Bandros adalah kependekan dari Bandung Tour On Bus. Bus ini disiapkan untuk mengantarkan turis berwisata berkeliling Kota Bandung dan mengitari sejumlah Landmark Kota Kembang ini. Lucunya Bus Bandros ini ada dua nama, yakni Bus Bandros Balado untuk warna merah dan Bus Bandros Keju untuk warna kuning, Wah jadi pengen makan ya! hehe

2.Sau ikon unik di Kota Bandung adalah adanya pahlawan PRABU yang merupakan kependekan dari (Pahlawan Urang Bandung). Tugasnya adalah menjaga Kota Bandung agar tetap tertib, indah, dan bersih. Jangan coba coba buang sampah sembarangan di Bandung ya guys! Karena kalian bisa kena tegur orang orang bandung dan tak segan segan untuk mendenda kalian! Tak hanya soal Sampah saja, Untuk kalian yang suka melanggar lampu merah dan membawa kebiasaan buruk kalian saat berkunjung ke Kota Bandung, siap siap saja ya kena tegur.

3.Rasanya tak hanya di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia yang memiliki banyak komunitas kreatif. Di Bandung pun Kamu bisa dengan mudah menemui berbagai Komunitas Kreatif. Hal ini karena kebiasaan warga Bandung ngariung atau berkumpul yang kental menjadikan banyak komunitas bertebaran di sudut sudut taman Kota Bandung. Mulai dari skateboard, beatbox, komunitas jalan jalan, hingga komunitas bersih bersih kota lho!

4.Sudah pernah dengar pepatah mengatakan Bandung Surganya Kuliner? Betul sekali, di Kota Kembang ini, kamu bisa menemukan berbagai macam makanan dari Aceh sampai Papua. Makanan pedas, gurih, asin, semua ada di kota ini. Belum lagi kuliner khas Bandung yang namanya aneh – aneh, ada Cireng (Aci di goreng), Cimol (Aci di gemol), Gehu (Toge dan Tahu) dan masih banyak lagi.

5. Ruang Publik yang dijaga masyarakatnya Bila di kota-kota lain yang menegakkan aturan dan menjaga ruang publiknya adalah pemerintah setempat, di kota Bandung, ini dilakukan oleh inisiatif masyarakat. Contohnya di Cikapundung Riverspot, taman dengan Air Mancur Bermusik yang terletak di Jalan Cikapundung Timur, komunitas yang menjaganya menerapkan #ZonaKeren. Ada empat hal yang jadi konsen dari #ZonaKeren: simpan sampah di tempatnya, area bebas asap rokok, menjaga fasilitas publik, dan siap dikenakan sanksi jika melanggar sesuai dengan perda K3 yang berlaku di kota Bandung. Buat yang ngerokok jangan coba-coba melanggar ya, karena pasti ditegur atau langsung ditindak. People power, yes!

6.Setiap hari selama seminggu warga bandung memiliki hari tematik dengan konsep yang berbeda beda, Senin ada kampanye #onedaynorice, sehari menu nasi diganti dengan menu karbo jenis lain. Selasa ada #SelasaTandaAsapRokok, tiap har Rabu warga diwajibkan untuk menggunakan atribut Sunda, mulai dari pakaian, hingga bahasa. Sedangkan pada hari Kamis, warga disiapkan untuk menjadi bagian dari Global Village dan membiasakan berbicara dengan bahasa Inggris. Untuk hari Jumat, masyarakat dihimbau untuk bersepeda dalam melakukan aktivitas. Sementara hari Sabtu dan Minggu masyarakat bisa bersantai da menikmati festival, kuliner, dan semangat berbagi. Dengan adanya hari tematik tentunya akan membuat hari hari semakin menyenangkan bukan?

7. Kota tempat lahir gerakan-gerakan sosial Kota Bandung punya atmosfer yang mendukung terciptanya gerakan-gerakan sosial: masyarakatnya peduli dan inisiatif, pemerintahnya terus berinovasi, para pengusahanya altruis, dan medianya siap mengabarkan hal baik. Keempat kolaborasi ini menciptakan gerakan-gerakan sosial yang gaungnya mencapai tingkat nasional bahkan internasional, seperti Bandung Berkebun, Gerakan Pungut Sampah, dan masih banyak lagi.

8.Jika Kamu pernah mendengar Taman Film, Taman Fotografi, Taman Musik dan taman taman tematik lainnya, nyatanya membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Bandung ini melalui program pengembangan indeks kebahagiaan sebagai salah satu tolok ukurnya. Ruang ruang publik yang diciptakan akan menghadirkan atmosfir yang ramah, indah, dan kretaif.

9.Bandung Smart City adalah proram walikota Bandung yang digadang gadang sukses membawa peradaban baru bagi masyarakat Kota Bandung. Semua bentuk koordinasi dioptimalkan melalui media sosial. Hasilnya? Kota Bandung diganjar beberapa penghargaan dibidang Pelayanan Publik dan penghargaan “Smart City”.

Nah gimana? Itu lah 9 hal unik yang ada di Kota Bandung. Kamu tetarik untuk mengunjungi Kota Kembang ini? Kamu bisa menggunakan Shuttle Jurusan Jakarta Bandung atau Shuttle Jurusan Cirebon Bandung.

Yuk’ , liburan di Bandung!

Article by Transmania.id